Kamis, 24 Februari 2011

Mengenal Terusan Suez



Halo teman2 apa kabar? kali ini gw mau berbagi pengetahuan tentang Terusan Suez, tentunya dengan keterbatasan pengetahuan yang gw miliki hehehe. Gw akan memberikan sub bahasan yang akan gw tulis di postingan kali ini dalam beberapa pertanyaan, yaitu::
  1. Apa itu Terusan Syez ?
  2. Mengapa Terusan Suez di bangun ?
  3. Siapa yang pemrakarsa pembangunan Terusan Suez ?
  4. Kapan Terusan Suez di bangun ?
  5. Kapan Terusan Suez di Buka ?
  6. Apa itu keisis Terusan Suezl ?
  7. Manfaat Terusan Suez ?
  8. Siapa pemilik Terusan Suez saat ini ?
Tanpa berpanjang lebar ayo kita mulai mengenal Terusan Suez.

Terusan Suez/The Suez Canal (bahasa Arab, Qanā al-Suways), di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 163 km yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said (Būr Sa'īd) di Laut tengah dengan Suez (al-Suways) di Laut merah.

Terusan Suez di bangun karena mengizinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal ini, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal & membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah & Laut Merah. Dengan begitu, waktu perjalanan kapal dari Eropa menuju Asia dapat dilalui dengan lebih singkat. Terusan ini terdiri dari dua bagian, utara & selatan Danau Great Bitter dan melalui tiga danau, Danau Manzala di Utara,  Danau Timsah di tengah, dan Danau Bitter lebih jauh ke selatan.

Terusan Suez memiliki sejarah yang sangat panjang dan kalo ditulis bisa bikin jari tangan keriting. karenanya, gw hanya akan membahas sejrahnya secara singkat selebihnya bisa dilihat di video yang gw dapet dari youtube di bagian akhir postingan ini. Seperti yang kita ketahui Bangsa Mesir memang sudah lama dikenal sebagai bangsa yg menguasai teknik pelayaran jauh. Sejak ribuan tahun sebelum Masehi Kapal-kapal bangsa Mesir kala itu sudah berlalu-lalang di Terusan Suez, baik ke arah Lebanon maupun ke Laut Merah menuju selatan. Selama beberapa abad setelah berakhirnya pemerintahan Sesostris, kebudayaan Indus mulai mengalami kemunduran. & Terusan Suez yg kala itu disebut sebagai Terusan Firaun pun terbengkalai. Terusan tersebut akhirnya tidak terurus & tertutup pasir, sehingga sejarah mencatat sejak itu tidak ada lagi interaksi antara Mediteranian dengan Samudera Hindia sampai seribu tahun sesudahnya.

Namun Sesostris telah memelopori gagasan yg tidak terlupakan; ketika Firaun Necho (berkuasa pd abad ke-6 SM) memimpin armada Phoenician yg berlayar mengelilingi Afrika, ia bersiap-siap membangun kembali terusan baru dari cabang Pelusian di Sungai Nil menuju Bitter Lakes. Proyek ini diteruskan oleh Darius I dari Sungai Nil menuju Laut Merah, pd 521 SM hingga 485 SM. Ketika terusan ini tertutup kembali oleh sedimentasi alam, tertutup pasir & tanah, beberapa tahun kemudian dibuka kembali oleh orang-orang Athena; & dua abad kemudian oleh Ptolemy Philadelphus. Robert Dick-Read mencatat, pemerintah Romawi tidak mengrus terusan itu dengan baik sehingga tertutup kembali.

Barulah pd akhir abad ke-1 M, Kekaisaran Trajan membuka kemblai terusan itu & dikelola oleh Hadrian & Antonines hingga akhir abad ke-2 M. Redupnya kekuasaan Romawi di sekitar Mesir membuat terusan itu kembali tertutup pasir hingga di masa awal cahaya Islam bersinar di jazirah Arabia terusan tersebut dibuka kembali untuk memudahkan pengiriman biji-bijian dari Mesir menuju Makkah. Namun pd abad ke-8 M, Al-Mansur memerintahkan agar terusan itu ditutup kembali dengan alasan keamanan, mencegah ancaman dari timur. Terusan Suez atau Terusan Firaun itu pun dengan sengaja ditutup selama berabad-abad, hingga datangnya masa Ferdinand de Lesseps. Terusan Suez dalam bahasa Arab disebut sebagai Qana al-Suways, yg berada di barat Semenanjung Sinai. Terusan ini panjangnya sekira 163 kilometer, menghubungkan Port Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah.

Setelah beberapa kali di tutup dan di buka kembali akhirnya pd 17 November 1869, seorang insinyur Perancis yg sudah lama tinggal di Mesir bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps membuka kembali terusan kuno tersebut setelah sebelumnya mempelajari sejarah transportasi & rute perdagangan antara Mesir kuno dengan wilayah-wilayah selatan. Sebelumnya, kapal-kapal dari Eropa yg ingin ke Asia dari Mesir harus mengelilingi Benua Afrika dahulu & ini jelas memakan tenaga & biaya yg tidak sedikit.

Atas jasanya membuka kembali Terusan Suez, Ferdinand de Lesseps dipuja bagai pahlawan oleh Eropa. Pemerintahan Perancis menganugerahkan kehormtan tertinggi pdnya dengan mengangkatnya sebagai anggota Académie Française. Selama tahun 1854-1856 : Ferdinand de Lesseps memperoleh hak-hak dari Said Pasha, Khadif Mesir, untuk menetapkan suatu perusahaan guna membangun dan mengoperasikan Terusan Suez selama 99 tahun. Pembangunan kanal dimulai pada bulan April 1859 dan dibuka pada bulan November 1869.

Kanal ini memungkinkan perjalanan kapal sampai dengan 20 m (66 kaki) draft atau 240.000 ton deadweight dan sampai ke ketinggian maksimum 68 m (223 kaki) di atas permukaan air dan balok maksimum 77,5 m (254 kaki) dalam kondisi tertentu

Krisis Suez adalah serangan militer Britania Raya, Perancis dan Israel terhadap Mesir yang dimulai pada tanggal 29 Oktober 1956. Serangan ini dilancarkan karena pada tanggal 26 Juli 1956, Mesir menasionalisasikan Terusan Suez setelah tawaran Britania Raya dan Amerika Serikat untuk mendanai pembangunan Bendungan Aswan dicabut. 

Suez Canal Authority (SCA) adalah pihak yang berwenang memiliki, mengoperasikan dan memelihara Terusn Suez SCA. didirikan oleh Mesir untuk menggantikan Suez Canal Company pada tahun 1950 yang mengakibatkan Krisis Suez Setelah ada campur tangan PBB, Mesir setuju untuk membayar jutaan dolar kepada pemegang saham Suez Canal Company yang dinasionalisasi

Perbedaan antara Terusan Suez dan Terusan Panama adalah Terusan Suez itu datar dengan permukaan laut, sehingga kapal yang berlayar seperti hanya berlayar disungai besar/lebar, sementaraTerusan Panama memang berbeda. Kapal yang berlayar akan melewati danau didataran agak tinggi dari permukaan laut, sehingga kapal harus lewat pintu2/sekat2 untuk diangkat keatas dengan air yang dialirkan kesetiap sekat2, sehingga dari sekat yang satu kesekat berikutnya kapal akan terangkat sampai mencapai ketinggian air didanau. Untuk turun dari ketinggian danau prosesnya sama, hanya dalam proses ini kapal diturunkan lewat sekat sampai mencapai ketinggian sama dengan air laut.

Berikut ini adalah video tentang sejarah Terusan Suez Video 1 tidak menggunakan narasi sementara video 2 menggunakan narasi. Selamat menyaksikan!










Huff ternyata panjang juga ya postingan kali ini. Demikianlah sedikit pengetahuan gw tentang Terusan Suez, semoga bisa bermanfaat bagi teman2 semua. Keep your shine and keep your smile guys :)